Kepala BPS Batubara Pantau Pendataan Statistik Pertanian

Beritabuana.com–Kepala BPS Kabupaten Batubara,  Dinar ButarButar, SE. MSi memonitoring pelaksanaan pendataan statistik pertanian tanaman pangan di

DPRD Batubara: 2018, Honorarium TKS Jadi Rp.1 Juta
Perpres 20/2018 Penting untuk Genjot Investasi dan Ciptakan Lapangan Kerja
How WordPress theme franchises made me a better person

aKabpsbbdinbut2-1024x586

Beritabuana.com–Kepala BPS Kabupaten Batubara,  Dinar ButarButar, SE. MSi memonitoring pelaksanaan pendataan statistik pertanian tanaman pangan di Kecamatan Talawi (25/1) Pengumpulan data tersebut  dilakukan melalui metode kerangka sampel area (KSA)

Pendataan dilakukan melalui pemotretan lahan terpilih dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG), dilakukan secara berkesinambungan, yakni setiap minggu terakhir setiap bulan,  hingga Desember 2018.

Untuk wilayah pertanian, Kegunaan KSA itu dapat dimanfaatkan seperti untuk membuat estimasi kapasitas produksi padi, yang dilakukan dengan pendekatan pengamatan area tanaman padi berbasis titik pengamatan.

Diketahui, metode KSA ini merupakan cara baru untuk memperoleh data Statistik Tanaman Pangan,  yang dikembangkan oleh BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) bekerjasama dengan BPS.

Kegiatan pendataan dengan menerapkan cara baru oleh BPS menggantikan metode pengumpulan data  konvensional.

Cara yang baru dinilai lebih obyektif, ilmiah dan modern dengan melihat peranan teknologi di dalamnya, sehingga data pertanian yang dikumpulkan menjadi lebih akurat dan tepat waktu.

Pada tingkat nasional, pendataan ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Saat memantau pelaksanaan pendataan, Kepala Badan Pusat Statistik Batubara didampingi para pejabat pemerintahan setempat, diantaranya Camat Talawi (Basrah) Kepala Desa Sei Muka (Erwanto), dan beberapa penyuluh pertanian yang bertugas didaerah itu.***rel

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: