Memeperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2018 Yang di Hadiri Presiden Joko Widodo di Padang

Padang - Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2018 dilaksanakan di Danau Cimpago, Pantai Padang, Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2). Acara puncak tersebut

Presiden Tegaskan Impor Garam untuk Memenuhi Kebutuhan Industri
Genjot Investasi, Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi Hanya 2 Hari
Menteri Kominfo Bersama 3 Menteri ASEAN Luncurkan Digital ASEAN di Singapura

Padang – Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2018 dilaksanakan di Danau Cimpago, Pantai Padang, Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2). Acara puncak tersebut dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang juga menyampaikan pesan khusus untuk insan pers Indonesia.

Pada kesempatan itu, Jokowi datang didampingi oleh sang istri, Iriana Jokowi. Mereka tiba pukul 09.45 WIB di lokasi acara. Ia berharap pers di Indonesia menjadi penyalur kebenaran, fakta, dan aspirasi masyarakat karena pers merupakan salah satu dari empat pilar demokrasi.

“Saya berharap pers Indonesia menjadi penyalur kebenaran, fakta dan aspirasi masyarakat,” ujar Jokowi dalam pidatonya.

Ia mengatakan, dalam lima tahun belakangan, media massa pers yang dikenal sebagai empat pilar demokrasi akan sulit bersiang dengan media sosial dan digital. Kendati demikian ia percaya di era lompatan dan kemajuan teknologi, serta melompatnya informasi dan misinformasi, justru pers semakin diperlukan.

Hal tersebut karena pers merupakan penegak penyampaian kebenaran, penegak fakta-fakta, pilar penegak aspirasi-aspirasi masyarakat. Selain itu juga turut membangun narasi kebudayaan baru, peradaban baru, dan memotret yang bergerak cepat dan efisien sehingga melahirkan era revolusi industri yang berbasis pada digitalisasi, komputerisasi dan analisa data.

“Harus kita kejar jika tak ingin ditinggalkan,” katanya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Margiono menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kedatangan Jokowi untuk yang keempat kalinya di puncak HPN 2018 ini.

“Tema kali ini adalah ‘Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan’. Maknanya adalah pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Margiono.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada beberapa menteri yang turut hadir dalam HPN kali ini, seperti Menteri Koordiantor Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sosial Idrus Marham, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, hingga Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Sumatera Barat menjadi tuan rumah yang istimewa,” katanya.

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka HPN ini adalah untuk membantu upaya pendidikan dan pelatihan wartawan serta peningkatan profesional.

Sumber: Suara Pembaruan

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: